SELAMAT DATANG DI BLOG K3S SUKOMANUNGGAL UPTD-BPS KECAMATAN SUKOMANUNGGAL KOTA SURABAYA

Jumat, 15 Oktober 2010

PELAKSANAAN COUNTINUING EDUCATION (CE) TAHUN 2010



Dalam otonomi pendidikan terbuka peluang untuk menciptakan pendidikan di daerah menjadi lebih berkualitas karena pejabat daerah memiliki wewenang yang luas untuk melakukan antisipasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya (Mudjiharto, 2000; Suyanto, 2001). pembinaan profesionalisme guru, penentuan sistem evaluasi, dan sebagainya ditentukan oleh daerah (pemerintah provinsi, sekolah, dan masyarakat. Dengan demikian, kualitas hasilnya sangat ditentukan oleh kemampuan dan kemauan daerah.
Dalam Pasal 35 Ayat 1 Undang-Undang Sisdiknas Tahun 2003 dinyatakan bahwa untuk mewujudkan penjaminan mutu pendidikan diperlukan adanya standar nasional pendidikan yang terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan, yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala. Dalam hal ini pendidikan nasional harus memiliki standar mutu agar mampu membawa bangsa Indonesia ke dalam pergaulan internasional dalam posisi yang seimbang dengan bangsa-bangsa lain. Untuk memiliki posisi tawar dalam konteks hubungan dan kerja sama antarnegara, diperlukan keunggulan komparatif sumber daya manusia.
Berbagai upaya terobosan dalam bidang pendidikan telah dilaksanakan pemerintah, misalnya konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang telah dikembangkan sejak 1999. Pada tahun 2002 telah dirumuskan sepuluh kemampuan, yang identik dengan sepuluh kompetensi guru. Jika dikaji secara cermat, sebenarnya perumusan sepuluh kompetensi guru itu cukup ideal dan memadai bagi tercapainya keunggulan komparatif seorang guru. Namun, fakta lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum memahaminya.  Hanya ada sebagian kecil guru yang telah  mempraktikkan penelitian tindakan kelas (classroom action research) bagi program perbaikan pembelajaran.
Peserta CE dan Jadwal pelaksaan CE 2010
  • GURU SD ==————>>Daftar Peserta dan Jadwal (Download)
    (Hari, Tanggal dan Jam) menyesuaikan dgn Jadwal Sesuai jurusan dan KelasMasing-Masing
  • GURU SMP, SMA dan SMK =———–>> Daftar Peserta(Download)
    =——————————————–>> Jadwal Perkuliahan (Download)
    =——————————————–>> Update Jadwal Fak. ekonomi (Download)
    (Hari, Tanggal dan Jam) menyesuaikan dgn Jadwal Sesuai jurusan dan KelasMasing-Masing
    —————————————–
    Guru Bidang Studi  IPS (Sosiologi, sejarah, Geografi dan PPKn) =——–> Jadwal dan Peserta (Download)
    Guru Bidang Studi Bahasa (Bhs. Inggris, Bhs. Indonesia, Bhs. Jerman dan Bhs Jepang) =——–> Jadwal Menunggu
Ket : Membawa RPP yg sudah dimiliki sesuai dengan tugas mengajar d Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar